Tesis

Minuman Ringan dengan Pemanis Gula (MRDPG): Pola Konsumsi dan Hubungannya dengan Obesitas pada Anak Sekolah Usia 10-12 Tahun (Studi kasus di Sekolah Al-Azhar Rawamangun Jakarta Timur)= Sugar-Sweetened Beverages (SSB): Pattern of Consumption and Its Association with Obesity in School Children Age 10-12 Years Old (A case Study in Islamic School of Al-Azhar, Rawamangun, East Jakarta).

Latar belakang: Konsumsi MRDPG meningkat secara paralel dengan peningkatan prevalens obesitas di seluruh dunia sehingga diduga menjadi salah satu faktor risiko obesitas yang bermakna. Data di Indonesia terbatas. Tujuan: Mengetahui pola konsumsi MRDPG dan hubungannya dengan obesitas pada anak sekolah usia 10-12 tahun. Metode: Penelitian ini terdiri dari 2 tahap. Tahap I (studi potong lintang) didesain untuk mengetahui pola konsumsi MRDPG (total sampling). Uji hipotesis dilakukan pada Tahap II (studi kasus kontrol) secara purposive sampling (subjek obes dan gizi baik) dengan matching (usia dan jenis kelamin). MRDPG yang diteliti adalah soda, fruit drink, sport drink, energy drink, teh manis, dan kopi instan/siap saji. Konsumsi MRDPG dinilai dengan semi kuantitatif FFQ yang telah divalidasi sebelumnya. Pemeriksaan antropometri dilakukan dengan cara standar sesuai protokol. Risiko obes karena konsumsi MRDPG dianalisis dengan conditional logistic regression bersama dengan faktor perancu. Hasil: Sebanyak 421 dan 182 subjek memenuhi kriteria penelitian tahap I dan II. Proporsi subjek yang mengonsumsi MRDPG adalah 92,2% dan 63,9% di antaranya mengonsumsi 1 kali atau lebih setiap hari. Konsumsi MRDPG pada anak lelaki lebih banyak dibandingkan perempuan (P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Fitri Mulya Verakadita - Nama Orang
Damayanti Rusli Sjarif - Nama Orang
Endang Windiastuti - Nama Orang

No. Panggil
T 15 067 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xix, 111 hlm, 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15067FKT15067FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Minuman Ringan dengan Pemanis Gula (MRDPG): Pola Konsumsi dan Hubungannya dengan Obesitas pada Anak Sekolah Usia 10-12 Tahun (Studi kasus di Sekolah Al-Azhar Rawamangun Jakarta Timur)= Sugar-Sweetened Beverages (SSB): Pattern of Consumption and Its Association with Obesity in School Children Age 10-12 Years Old (A case Study in Islamic School of Al-Azhar, Rawamangun, East Jakarta).

Related Collection